Minggu, 23 September 2012

Sejarah singkat Gus Al Muzakki



Dalam kesehariannya, kehidupan Gus Al Muzakki sangat bersahaja. Dia tidak pernah menonjolkan dirinya dalam situasi apapun.
Lahir pada 26 Juni 1992 di Desa Brantasena, Kec Dente Teladas. Kab Tulangbawang, Lampung. Gus Al Muzakki  adalah putra KH Mustamar.
Setelah menamatkan pendidikan formalnya, Muzakki muda sempat mengenyam perguruan tinggi di MA plus walisongo. Selanjutnya, dia menimba ilmu secara non formal di beberapa pesantren di wilayah Jawa Timur.
Selama bertahun-tahun, Muzakki muda di tempa sejumlah kyai dari satu pesantren ke pesantren lain. Dalam usia 19 tahun, berbekal ilmu yang dimiliki, Muzakki bersama sahabatnya Gus Maksum Ishaq Ilyas, membangun Sanggar seni Meditasi dzikir, yang diberi nama Padepokan Al Hikmah Karomah Nur qolbi berdiri pada 26 april 2012. Hingga saat ini sudah memiliki dua Cabang.
Yang menarik, di padepokan Al Hikmah Karomah Nur qolbi dikembangkan tradisi Zikir Manakib (riwayat Syekh Abdul Qodir Jaelani-AQJ). Menurut Gus Al Muzakki,  Zikir Manaqib dan meditasi dzikir yang dikembangkannya bukanlah membacakan biografi AQJ, melainkan dengan membaca zikir atau amalan tertentu. Jamaah juga diajak untuk bertawassul dan mencintai Syekh AQJ, sambil mengharapkan berkah dan karomahnya, juga mengharapkan syafaat Rasullullah SAW, memohon ridho dan izin Allah SWT.
“Jamaah diajak berzikir bersama. Setelah itu berdoa menurut kebutuhannya masing-masing,” kata  Gus Ismi Ulinnuha menjelaskan. “Semuanya dipimpin langsung Gus Al Muzakki.”
Dalam setiap acara manaqib dan Meditasi dzikir, jamaah membawa botol berisi air. Usai berdoa, jamaah meniup ke dalam botol masing-masing. Dengan keyakinan penuh, air dalam botol tersebut akan mendapatkan kekuatan dari Allah SWT melalui barokah dan karomahnya Syekh AQJ.

3 komentar:

  1. sudah buka di jakarta apa belum gus ?

    BalasHapus
  2. kalau tasbeh magribi , apa berasal dari padepokan anda juga gus ? thanx

    BalasHapus
  3. konsep ajaran dari hidayat wirid ...., hampir sama dg ajaran yg di kembangkan oleh tarikat al khalwatiah samman ( sammaniah ) pencestusnya adalah syeikh samman al madinah

    BalasHapus